Bibit Siklon Tropis 90S Terpantau, Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) BMKG memantau adanya bibit Siklon Tropis 90S di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah. Bibit siklon tropis itu diprediksi akan bergerak ke arah barat-barat daya, menjauhi wilayah Indonesia. Potensi bibit 90S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.

Sistem dari bibit Siklon Tropis 90S ini membentuk pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudera Hindia sebelah barat daya Jawa Barat dan dari pesisir selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Sistem ini juga dapat mempengaruhi peningkatan kecepatan angin >25 knot di wilayah tersebut.

Sementara, pusat tekanan rendah terpantau di Laut Natuna Utara dan di Samudera Hindia barat Lampung yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari pesisir barat Sumatra Utara hingga Sumatra Barat, dan dari pesisir barat Bengkulu hingga Lampung.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Kalimantan Selatan hingga utara Kalimantan Barat, dari Maluku Utara hingga perairan Sulawesi Utara, dan dari Papua hingga Papua Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon, pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Pada hari Minggu, 13 Maret 2022, berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, wilayah yang masuk kategori siaga adalah Jawa Barat (Pangandaran, Tasikmalaya dan kota Tasikmalaya), Jawa Tengah (Purwerejo, Cilacap) dan DI Yogyakarta (Sleman, Kulon Progo).

Sedang yang masuk kategori waspada adalah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Cuaca pagi diperkirakan tidak ada hujan di semua ibukota provinsi, kecuali Semarang yang terjadi hujan ringan. Cuaca cerah terjadi di Banda Aceh dan berkabut di Pekanbaru. Sisanya terbagi antara cerah berawan dan berawan.

Suhu udara berkisar 20-33°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Denpasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.