Cemas, Amerika Bentuk Badan Investigasi Baru Khusus Selidiki UFO

Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk badan investigasi baru khusus untuk menyelidiki obyek-obyek terbang tak dikenal (UFO). Pentagon memutuskan itu di tengah kekhawatiran setelah penyelidikan yang dilakukan sebelumnya tidak dapat menjelaskan penampakan misterius di dekat daerah militer yang sangat sensitif.

Badan baru di kantor intelijen dan keamanan Departemen Pertahanan akan difokuskan kepada ruang udara khusus (SUA) yang ditunjuk secara ketat dikontrol dan diblokir dari penerbangan umum karena keamanan. “Perintah dari Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks dan direktur intelijen nasional Amerika,” bunyi pernyataan Pentagon pada Selasa, 23 November 2021.

Perintah itu datang lima bulan setelah laporan rahasia intelijen Amerika Serikat tentang kemungkinan kemunculan UFO tidak meyakinkan. Laporan itu membenarkan beberapa insiden kemunculan obyek asing yang beberapa bahkan difilmkan oleh pilot di dekat area pengujian militer, tapi tidak bisa menjelaskan fenomenanya.

Militer Amerika khawatir beberapa fenomena udara tak dikenal yang terlihat oleh pilot militer di masa lalu dapat mewakili teknologi saingan strategis yang tidak diketahui oleh para ilmuwannya. “Serangan obyek udara apapun ke dalam SUA akan menimbulkan masalah keamanan penerbangan dan operasi, dan bisa menjadi tantangan nasional,” kata Pentagon.

Badan investigasi baru itu akan dinamai Grup Sinkronisasi Identifikasi dan Manajemen Objek Lintas Udara (AOIMSG). Badan ini akan melanjutkan penyelidikan oleh Gugus Tugas Fenomena Udara tak Dikenal Angkatan Laut Amerika, dan akan diawasi oleh panel ahli dari komunitas militer dan intelijen.

Sebuah tinjauan resmi—sebagian besar dari laporan rahasia UFO—yang dirilis pada Juni menetapkan bahwa sebagian besar dari sekitar 120 insiden selama 20 tahun terakhir dapat dijelaskan, dan tidak ada hubungannya dengan teknologi Amerika atau asing yang tidak diketahui atau rahasia. Namun, itu tidak bisa menjelaskan beberapa laporan dan video lainnya yang dibuat oleh personel militer.

Tahun lalu, misalnya, Pentagon merilis video yang masih tidak dapat dijelaskan yang diambil oleh pilot angkatan laut dari obyek yang bergerak dengan kecepatan luar biasa, berputar dan menghilang secara misterius.

Uji coba rudal hipersonik Cina yang mampu mengelilingi dunia pada Juli lalu juga menyumbang peringatan kepada Washington untuk pembentukan badan investigasi baru ini. Beijing disebutkan mungkin memiliki teknologi yang belum dikembangkan Amerika, yang bisa jadi obyek tak dikenal UFO itu.

GADGETS NDTV | NEW YORK TIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published.