IPB University Ciptakan Kit Antibodi Covid-19 Berbasis ELISA

Peneliti Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB University berhasil membuat kit antibodi Covid-19 berbasis ELISA (enzyme-linked immunosorbent assay). Kit antibodi tersebut dijuluki “Kit ELISA IPB, Antibodi Covid-19”.

Inovasi ini dilatarbelakangi peningkatan kewaspadaan dalam mengatasi penyakit Covid-19 melalui vaksinasi. Sejak pandemi, vaksin menjadi media utama yang efektif dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Meski begitu, evaluasi atas keberhasilan vaksinasi mutlak diperlukan agar kepastian perlindungan terjamin.

Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kualitas dan kuantitas antibodi yang dihasilkan. Namun di Indonesia, tes antibodi Covid-19 saat ini masih mengandalkan produk impor yang harganya relatif mahal. Karena itu, pengembangkan teknologi untuk mendeteksi dan mengevaluasi antibodi Covid-19 yang praktis, berkualitas, tepat dan ekonomis sangat dibutuhkan.

Berkaca dari hal tersebut, peneliti PSSP LPPM IPB University, Huda S Darusman, dan timnya merancang kit pemeriksaan Covid-19 berbasis ELISA. Pengembangan kit pemeriksaan ini memerlukan komponen biologis dari dua komponen virus, yakni Protein N dan Rekombinan Protein N Antigen (nukleokapsid) serta Protein Rekombinan RBD (reseptor-binding domain) virus SARS-CoV-2. Pengembangan prototipe kit antibodi Covid-19 berbasis ELISA kemudian dilakukan.

“Kit tersebut rencananya diaplikasikan pada pasien pasca vaksinasi atau pada pasien pasca persembuhan penyakit Covid-19 untuk evaluasi keberhasilan vaksinasi atau pembentukan antibodi Covid-19 yang dihasilkan dari masing-masing pasien sebagai respon terhadap virus tersebut,” kata Huda seperti dikutip Tempo dari lama ipb,ac.id, Selasa, 21 Desember 2021.

Keberadaan kit antibodi ini diharapkan bisa membantu mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Selain itu, data tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan strategi pengelolaan vaksin yang lebih baik. Di samping bentuk kontribusi IPB University terhadap bangsa di bidang penelitian kesehatan, inovasi ini dilakukan untuk mendukung kemandirian bangsa dalam penanganan Covid-19.

NAOMY A. NUGRAHENI

Leave a Reply

Your email address will not be published.