Kapulaga dan Beragam Manfaatnya untuk Kesehatan

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Rempah ini biasanya dikonsumsi oleh orang Asia. Tak hanya menjadi penyedap masakan, kapulaga juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kapulaga memiliki rasa yang kuat dan sedikit manis. Rempah ini berasal dari India yang kini tersedia di seluruh dunia. Biji, minyak, dan ekstrak dari kapulaga dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Rempah ini pun telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Mengutip dari laman Healthline, berikut beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah

Kapulaga dikenal sebagai salah satu obat herbal bagi penderita hipertensi. Penelitian menemukan bahwa kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki khasiat menurunkan tekanan darah. Selain itu, peneliti juga menduga rempah ini memiliki efek diuretik seperti obat penurun tekanan darah.

Para peneliti juga menduga bahwa rempah ini dapat menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya, yang berarti dapat meningkatkan buang air kecil untuk menghilangkan air yang menumpuk di tubuh, misalnya yang ada di sekitar jantung.

2. Melawan sel kanker

Hasil studi menunjukkan bahwa kapulaga dapat meningkatkan aktivitas enzim tertentu yang membantu melawan kanker. Selain itu, rempah ini juga dapat meningkatkan kemampuan sel pembuluh alami untuk menyerang tumor. Penelitian pada sel kanker manusia dan kapulaga menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam rempah-rempah menghentikan sel kanker mulut di tabung reaksi agar tidak berkembang biak.

3. Anti peradangan

Kapulaga kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan. Umumnya, peradangan terjadi ketika tubuh terkena zat asing. Peradangan ini dapat menyebabkan penyakit kronis. Kapulaga dapat melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

4. Membantu masalah pencernaan

Kapulaga telah lama digunakan untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Rempah ini sering dicampur dengan rempah lain untuk meredakan mual dan muntah. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak kapulaga dapat mencegah ukuran tukak lambung sebebas 50 persen.

5. Mengatasi bau mulut dan mencegah gigi berlubang

Kapulaga menjadi salah satu obat kuno yang digunakan untuk mengatasi bau mukut dan meningkatkan kesehatan mulut. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak kapulaga efektif melawan lima bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga dapat mengurangi jumlah bakteri dalam sampel air liur sebesar 54 persen.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kapulaga dapat membantu menurunkan kadar gula darah saat dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Mengonsumsi teh hitam dengan tiga gram kayu manis, kapulaga, atau jahe setiap hari selama delapan minggu disinyalir dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Mengobati infeksi

Kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengobati infeksi. Minyak dan ekstrak kapulaga diduga dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan perut.

WINDA OKTAVIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.