Patung 4 Tokoh Indonesia di Museum Madame Tussauds, Soekarno hingga Agnes Monica

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan Museum Madame Tussaud. Seperti namanya, museum ini didirikan pertama kali oleh pematung lilin terkenal dunia, Marie Tussaud di London, Inggris. Meskipun berpusat di London, museum yang menampilkan karya utama berupa patung lilin ini, sudah memiliki banyak cabang di kota-kota besar di seluruh dunia. Sebaran museum ikonik ini telah ada di 24 kota besar di seluruh dunia.

Setidaknya, telah banyak tokoh-tokoh berpengaruh di dunia yang diabadikan dalam Museum Madame Tussaud. Meskipun demikian, tidak semua orang dapat dipotretkan di dalam museum ini. Terdapat kriteria-kriteria khusus yang diberikan pun beragam, mulai dari presiden, atlet, tokoh industri hiburan, hingga orang-orang yang berpengaruh dalam perkembangan sains dan teknologi. Di Indonesia, berikut tokoh-tokoh yang diabadikan dalam Museum Madame Tussaud.

SoekarnoPada 24 September 2012 silam, Presiden Soekarno menjadi tokoh pertama asal Indonesia yang potretnya dipajang Museum Madame Tussauds, Bangkok, Thailand. Patung lilin tersebut menampilkan potret Ir. Soekarno yang tengah menyampaikan pidato bertajuk ‘To Build the World a New’ pada 30 September 1960 di Amerika Serikat. Patung lilin Soekarno ini juga bisa ditemukan di Museum Madame Tussaud Hongkong.

Rudy HartonoRudy Hartono menjadi tokoh Indonesia berikutnya yang potretnya dipajang di museum Madame Tussaud Singapura. Pemilihan sosok Rudy Hartono tidak terlepas atas torehan prestasinya untuk Indonesia. Salah satu prestasinya yaitu ketika Rudy Hartono pernah menjuarai All England sebanyak delapam kali, dari 1960 sampai 1970-an.

Joko WidodoPada 1 Mei 2017, patung lilin Presiden Joko Widodo resmi dipajang di Museum Madame Tussaud, Hongkong. Patung lilin Joko Widodo yang dipajang mengenakan pakaian kemeja putih dengan tangan terlipat. Tidak lupa pose senyum yang identik dengan presiden ketujuh Indonesia itu.

Agnes MonicaPada 2020 lalu, Agnes Monica atau Agnez Mo menjadi penyanyi Indonesia yang akan dibuatkan patung lilin di Museum Madame Tussaud Singapura. Namun, karena pandemi, pembuatan patung lilin penyanyi multitalenta itu belum dirilis. Sosok Agnez Mo dipilih karena pestasinya dan karya-karyanya yang menginspirasi.

NAOMY A. NUGRAHENI

Leave a Reply

Your email address will not be published.