Taiwan Berpeluang Masuk Pasar Suku Cadang Kendaraan Listrik Indonesia

Taiwan dikabarkan memiliki peluang untuk masuk pasar suku cadang kendaraan listrik di industri otomotif Tanah Air. Pasalnya, Indonesia masuk sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

Peluang itu muncul melalui ajang Taipei AMPA (Taipei International Auto Parts & Accessories Show), yang bakal digelar pada 20-23 April 2022. Dengan sejumlah perkembangan terbaru yang dikembangkan, acara ini dianggap bisa menjadi magnet bagi para pelaku industri otomotif di Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, perusahaan Taiwan bisa menjadi mitra yang cocok untuk mengembangkan industri otomotif Tanah Air.

“Industri otomotif merupakan salah satu dari lima industri manufaktur prioritas yang bertujuan untuk menciptakan cita-cita luhur yakni, “Making Indonesia 4.0”. Kita dapat melihat lebih banyak kolaborasi di masa depan, dan perusahaan Taiwan akan menjadi mitra yang solid bagi mitra perusahaan di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Yohannes menyebutkan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan Taiwan berjalan dengan baik. Pada 2019, jelas dia, Indonesia mampu mengimpor suku cadang otomotif senilai 65,9 juta dolar AS (Rp 944 miliar).

Perusahaan teknologi dan suku cadang otomotif Taiwan pun dianggap semakin menjanjikan. Hal itu tak terlepas dari penggunaan jaringan komunikasi 5G hingga teknologi mutakhir yang digunakan oleh industri otomotif di negara tersebut.

Sementara itu, Manajer Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) Show Sinny Chang menjelaskan bahwa Taipei AMPA 2022 bakal menghadirkan teknologi canggih untuk kendaraan masa depan.

“Hal inilah yang menjadikan Taipei AMPA sebagai tempat terbaik bagi mereka untuk mendekati pasar. Kami melihat masih ada permintaan yang tinggi dari industri,” kata Sinny Chang, masih dikutip dari Antara.

ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published.