Wahana Perseverance NASA Intip Batu Mars Bernama Sid

Kumpulan foto baru dari wahana penjelajah Perseverance badan antariksa NASA memperkenalkan Sid, batuan Mars terbaru yang telah dipilih untuk pengambilan sampel sebagai bagian dari misi NASA untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet ini dan sejarah geologisnya.

Tanggal Perseverance dengan Sid menandai sesuatu dari tonggak sejarah, karena kemungkinan akan menjadi sampel terakhir yang dikumpulkan sebelum Perseverance pindah ke lokasi baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

“Saya mengeluarkan alat abrasi saya lagi, untuk melihat ke dalam target batu saya berikutnya,” sebuah tweet dari NASA, yang ditulis dengan suara rover itu berbunyi, sebagaimana dikutip Mashable, 5 Maret 2022. “Mars sangat indah di permukaannya, dan bahkan lebih menarik di bawahnya.”

Sid berada di dalam Kawah Jezero, lokasi di Mars tempat Perseverance mendarat pada Februari 2021. Ini adalah salah satu jenis batuan Mars yang oleh NASA dijuluki “Ch’a”, yang merupakan kata Navajo untuk “katak”.

Batuan Ch’a ini ditemukan di area tertentu di kawah itu – yang diyakini pernah menampung badan air – yang oleh NASA disebut “Santa Cruz”. Dan lokasi itu signifikan secara ilmiah karena mungkin merupakan sisa delta barat Jezero, yang merupakan perhentian berikutnya dalam perjalanan penjelajah tersebut.

“Sid adalah contoh dari batu besar yang berdiri lebih tinggi yang mungkin mewakili bab geologis unik dalam sejarah lantai kawah yang belum kami sampel,” tulis kolaborator mahasiswa Universitas Purdue, Brad Garczynski untuk NASA. Dia menambahkan Sid ditetapkan sebagai batu pilihan setelah “berminggu-minggu diskusi” antara tim sains dan perencana rover.

Di masa lalu, NASA telah mencirikan penjelajah seperti Perseverance sebagai “robot ahli geologi”. Saat mempelajari batuan, rover menggunakan alat abrasi bawaan untuk membuat pola melingkar.

Itu penting untuk proses penelitian karena bagian luar dari setiap batuan Mars dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya setiap hari. Tujuannya adalah untuk menyelidiki sejarah geologis planet ini, dan mungkin ada petunjuk tentang sejarah itu yang tersembunyi di bawah bagian luar batuan Mars yang berdebu.

MASHABLE

Leave a Reply

Your email address will not be published.